PRAKTIK PENGISIAN SPT WAJIB PAJAK BADAN PADA SISWA-SISWI SMK KARYA BHAKTI KABUPATEN BREBES

Ririh Sri Harjanti, Nurul Mahmudah, Ghea Dwi Rahmadiane, Musyafa alfarizi, Elisa Purwitasari

Abstract


Tujuan Pengabdian Masyarakat ini adalah untuk menambah wawasan dan kompetensi di bidang perpajakan khususnya dalam memahami perhitungan dan pengisian SPT Wajib Pajak Badan, khalayak kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah siswa-siswi SMK Karya Bhakti Kabupaten Brebes. Adanya bentuk-bentuk pelatihan berupa pengisian Form SPT Wajib Pajak Badan untuk meningkatkan kompetensi perpajakan bagi  siswa-siswi SMK Karya Bhakti Kabupaten Brebes, yang beralamat di Jalan Taman Siswa, Saditan, Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Jarak tempuh kampus dengan khalayak sasaran kurang lebih 5km yang dapat ditempuh menggunakan trasportasi mobil. Metode atau cara yang digunakan dalam Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat ini adalah pertama dengan menggunakan metode survei, dimana tim melakukan survei langsung ke lokasi untuk pengumpulan data awal. Selain melakukan survei, tim juga melakukan observasi dan wawancara. Observasi dan wawancara ini dilakukan pada tahap awal dalam rangka mengumpulkan data dan mencari permasalahan sebelum memutuskan kegiatan pengabdian seperti apa yang sesuai dengan khalayak sasaran. Wawancara dilakukan dengan pihak guru dari SMK Karya Bhakti Kabupaten Brebes.

Kata Kunci :Pajak, SPT, Wajib Pajak, Badan 



Full Text:

References


Muljono Djoko, 2009. Akuntansi Perpajakan, Edisi Revisi 2009. Andi. Jogjakarta

Mardiasmo. 2011. Perpajakan Edisi Revisi 2011. Yogyakarta: Andi.

Rahayu, Siti Kurnia. 2010. Perpajakan Indonesia. Yogyakarta : Graha Pustaka

Diana, Anastasia dan Lilis Setiawati. 2009. Perpajakan Indonesia (Konsep, Aplikasi, dan Penuntun Praktis). Yogyakarta: Andi.

Purwono, Herry. 2010. Dasar-dasar Perpajakan dan Akuntansi Perpajakan. Jakarta : Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.